By Andi Jumardi at Minggu, 29 September 2024

Alumni MPI PTIQ Jakarta, Wildan Alwie, M.Pd.I, Bersinar Dalam Ajang MTQ Dunia di Kroasia

Wildan Alwie, M.Pd.I., alumni Pascasarjana PTIQ Jakarta, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dan dosen tetap Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pengajaran (FTIK) Universitas PTIQ Jakarta, sekali lagi berhasil mengangkat reputasi Indonesia di panggung internasional dengan Juara II dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional yang sangat bergengsi pada 29 September 2024 yang diselenggarakan Meshikhat of Islamic Community di Islamic Center Zagreb, Kroasia.

“Saya sangat berharap prestasi ini akan memicu percikan inspirasi kepada semua civitas akademika Universitas PTIQ Jakarta untuk tetap bersemangat dalam mengejar cita-cita dan mengembangkan potensi diri. Cinta kepada Al-Qur'an harus selalu menjadi spirit yang selalu menemani dalam setiap upaya kita,” begitulah ungkapan syukur Wildan atas pencapaian yang telah diraihnya sejauh ini, sambil juga mengartikulasikan harapannya bahwa pencapaiannya dapat menjadi sumber motivasi bagi mahasiswa Universitas PTIQ Jakarta.

Pencapaian prestasinya seiring dengan perjalanan akademisnya, Wildan, yang lahir di kota Bogor pada 9 Oktober 1988, banyak menyabet berbagai prestasi dalam sejumlah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). Gelar juara III Tingkat Provinsi DKI Jakarta tahun 2019 dalam kategori Qiroat Mujawad Dewasa, gelar bergengsi juara III dalam Musabaqah Qur’aniyyah ‘Alamiyyah Internasional, Amsterdam, Belanda tahun 2020, dan dalam MTQ Qiroat Sab'ah Provinsi Banten pada tahun 2023 berhasil meraih Juara I.

Dalam kesempatan yang sama, Suwartini Wirta, Duta Besar Republik Indonesia untuk Kroasia, juga menyampaikan apresiasi atas pencapaian luar biasa Wildan, dengan menekankan pentingnya kesuksesannya dalam berbagai platform internasional. “Saya sangat bangga dengan prestasi yang telah dicapai Wildan Alwie. Tidak hanya membawa kehormatan bagi Indonesia, tetapi Wildan juga telah menunjukkan bahwa nilai-nilai abadi Al-Qur'an berfungsi sebagai sumber inspirasi yang kuat bagi generasi muda dan sekaligus memotivasi untuk meraih prestasi dalam skala global.” Lebih lanjut, Suwartini dengan optimis menyatakan harapannya bahwa “Dalam waktu-waktu mendatang, semakin banyak anak muda Indonesia yang berkesempatan untuk berpartisipasi dalam even-even internasional yang serupa dalam membuat jejak-jejak prestatif di panggung dunia.” (AA/Pasca)