By Andi Jumardi at Kamis, 26 September 2024

Sekolah Menulis Artikel Ilmih Populer oleh Pascasarjana Universitas PTIQ Jakarta

Pascasarjana Universitas PTIQ Jakarta (https://pascasarjana-ptiq.ac.id/) bekerjasama dengan Prodi Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir Institut Agama Islam PERSIS Bandung (https://tr.ee/54o2ToiBD5), dan Dewan Eksekutif Mahasiswa Universitas PTIQ Jakarta (https://www.instagram.com/demaptiq_official/) melaksanakan “Sekolah Menulis Artikel Ilmiah Populer ibihtafsir.id”. Karena berformat kursus, maka acara ini berlangsung secara serial hingga 11 kali pertemuan yang terbagi kepada pemaparan materi dan mentorship.

Acara ini melibatkan narasumber dan mentor yang cukup mumpuni di bidangnya seperti Dr. Phil. Mu`ammar Zayn Qadafy , M.Hum (Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Dr. Nur Arfiyah Febriani, M.A. (Dosen Universitas PTIQ Jakarta), Dr. Abd. Muid Nawawi, M.A. (Dosen Universitas PTIQ Jakarta), Wildan Imanuddin, M.A. (Redaktur cariustadz.id), Alif Jabal Kurdi, M.A. (Redaksur ibihtafsir.id), dan Ahmad Mushawwir, M.Ag. (Redaktur ibihtafsir.id).

Target acara ini adalah untuk melahirkan para penulis tafsir muda yang nantinya akan menjadi pakar tafsir yang produktif untuk mengembangkan Ilmu Al-Qur`an dan tafsir. Acara ini tercatat diikuti oleh 87 peserta. Itu adalah sebuah jumlah yang cukup besar untuk ukuran peminatan yang sesungguhnya serius, yaitu “menulis”. Jika 50% saja dari 87 peserta melanjutkan karir menjadi penulis produktif, maka itu adalah jumlah yang sangat menggembirakan.