By Andi Jumardi at Sabtu, 08 Juni 2024

Karakteristik Penafsiran Skripturalis dan Subtansialis pada Halaqah Tafsir Al-Qur`an dan Tafsir di Media Sosial


Acara ini adalah NAKSIR (Ngajian Kajian Tafsir) yang merupakan salah satu program rutin yang diadakan oleh Program Studi Magiste Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir Universitas PTIQ Jakarta. Ini adalah kali kelima setelah pada bulan Ramadhan tahun 2024 berlangsung empati kali berturut-turut program NAKSIR karena memang memanfaatkan momentum bulan puasa untuk dimaksimalkan sebagai bulan Al-Qur`an.

NAKSIR yang diadakan pada hari Sabtu, 8 Juni 2024 ini terlaksana berkat kerjasama ibihtafsir.id dengan Program Studi Magister IAT Univeristas PTIQ Jakarta, Program Studi IAT Fakultas Ushuluddin UIN Alauddin Makassar, dan Program Studi IAT Fakultas Ushuluddin IAI PERSIS Bandung.

Tema yang diangkat kali ini adalah “Karakteristik Penafsiran Skripturalis dan Subtansialis pada Halaqah Tafsir Al-Qur`an dan Tafsir di Media Sosial” dengan narasumber adalah Prof. Dr. Muhsin Mahfuzh, M.Th.I, Guru Besar Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir UIN Alauddin Makassar. Tema ini diangkat karena tema tersebut terhitung cukup baru sebagai pendekatan atau pisau analisis dalam kajian Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir. Diharapkan tema-tema yang diangkat di program NAKSIR adalah tema yang bisa menstimulasi berkembangnya kajian Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir yang mungkin sudah mencapai titik jenuh jika kembali mengulangi tema-tema di dalam Ulumul Quran.